Bupati Indramayu Sebar 155 Ribu Bibit Cabai, Bahan Edukasi dan Pusat Pangan di Sekolah

Bupati Indramayu Nina Agustina, menyebar 155 ribu bibit cabai untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kabupaten Indramayu.

Kegiatan itu merupakan sarana edukasi bagi siswa dalam mengelola lahan pekarangan dan merupakan implementasi dari program Pusat Pangan Indramayu (Puspa Ayu) yang telah berjalan di perkantoran pemerintah setempat. Puspa Ayu sendiri sebagai bagian dari upaya penyediaan stok pangan dan pengendalian inflasi daerah.

Khusus untuk sekolah, program Puspa yang digulirkan Nina Agustina, telah berlangsung dalam setahun terakhir. Di beberapa SD dan SMP bahkan telah memanen hasilnya berupa sayuran , cabai dan komoditas pangan lain.

Memanfaatkan pekarangan (lahan tidur) di sekitar sekolah, sejumlah SD dan SMP membuat Puspa dengan beragam tanaman. Mulai tanaman pangan hingga tanaman obat atau lazim disebut apotek hidup.

Nina Agustina, mengatakan Puspa di wilayahnya berjalan dengan baik. Sejak digulirkan, gerakan Puspa telah menyebar di seluruh Kabupaten Indramayu.

“Awalnya Puspa diterapkan di kantor-kantor kecamatan, lalu menyebar ke balai desa. Sekarang Puspa mulai diterapkan di rumah-rumah warga dan sekolah,” kata dia, saat secara simbolis menyerahkan bantuan bibit dan pohon cabai kepada kepala SD dan SMP negeri dan swasta di Kecamatan Sliyeg, Selasa, (27/2/2024).

Sementara itu, imbuh dia, kali ini telah disiapkan sebanyak 155 ribu pohon dan benih cabai untuk didistribusikan ke SD dan SMP.

Langkah ini diambil untuk ikut membantu mengendalikan inflasi di tengah mahalnya harga cabai di pasaran. Sementara itu untuk pendistribusiannya melibatkan Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Indramayu.

“Harga cabai mahal, makanya diimbangi dengan menanam sendiri. Selain itu juga memberi edukasi soal pemanfaatan pekarangan dan kesadaran mengelola pangan secara mandiri. Tanaman bahkan perikanan di Puspa bisa dijadikan pemenuhan kebutuhan keluarga dan sumber penopang ekonomi baru,’ tukas Nina.

Nina berharap, program Puspa akan terus berkembang hingga kehadirannya sampai di pekarangan rumah-rumah warga. Sebab, imbuh dia, ada banyak manfaat lain dari Puspa diantaranya adalah kepedulian menjaga lingkungan. (Diskominfo Indramayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares