Sekolah Percontohan Olahraga Anggar

Anggar merupakan cabang olahraga bela diri dengan menggunakan senjata dengan sejumlah teknik dan peraturan tertentu yang harus dipatuhi oleh pemainnya.

Dimulai sejak abad ke-14 dan terbentuk dari pelatihan militer di negara Jerman serta Italia, anggar terus berkembang hingga dibawa masuk ke Indonesia pada masa Belanda.

Anggar baru diperkenalkan pada Pekan Olahraga Nasional pada tahun 1948. Kemudian, anggar mulai dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional tahun 1951 dan terus berlanjut sampai sekarang.

SMK Negeri 1 Balongan Kabupaten Indramayu adalah salah satu sekolah yang menjadi percontohan SMA/SMK di Jawa Barat yang saat ini sedang mengembangkan olahraga anggar.

Bahkan, penyelenggaraan kegiatan olahraga anggar di SMK Negeri 1 Balongan mendapatkan pembinaan serta pengawasan penuh dari Komite Olahraga Nasional Indonesia yang berada di Jawa Barat guna mencetak atlet unggul yang berasal dari kabupaten Indramayu.

“Alhamdulillah kita disuport langsung oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Balongan Drs H. Rosidin baik sarana dan prasarana anggar sehingga anggar SMK Negeri 1 Balongan bisa berdiri eksis di Jawa Barat dan SMK Negeri 1 Balongan juga sebagai homebase atau Sekertariat Pengcab Anggar Kabupaten Indramayu,” ucap Waka Kesiswaan SMKN 1 Balongan sekaligus pelatih/pembina anggar, Mohamad Tajudin, Kamis (7/3/2024).

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Balongan H. Rosidin mengungkapkan rasa bangganya terhadap antusiasme siswa yang dengan semangat terus berlatih olahraga anggar yang menurutnya olahraga tersebut memiliki aturan yang cukup rumit sehingga memerlukan ketelitian dan konsentrasi yang luar biasa.

Rosidin juga menegaskan, dirinya akan terus memberikan motivasi dan dukungan kepada siswa yang berlatih serta memantau secara langsung keberlangsungan latihan olahraga anggar di SMK Negeri 1 Balongan sehingga kegiatan latihan dapat berjalan secara optimal.

“Kami turut serta berkontribusi saat porda dan kegiatan kontes olahraga lainnya bersama KONI Kabupaten Indramayu, dengan mengirimkan beberapa atlet salah satunya atlet anggar dan atlet olahraga lainnya. Oleh karena itu, kami terus memotivasi para siswa supaya lebih semangat berlatih,” ujarnya.

Selain itu, Rosidin juga berharap siswa SMK Negeri 1 Balongan dapat mampu terus meraih prestasi dan mengarumkan nama sekolah di berbagai bidang salah satunya olahraga anggar. (Diskominfo Indramayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares