Optimalkan Publikasi Kinerja SKPD, Diskominfo Indramayu Gelar Bimtek Pengelolaan Website dan Media Sosial

Dalam rangka meningkatkan kompetensi pengelolaan website dan media sosial, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Admin Pengelola Website dan Media Sosial Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Indramayu, Rabu (04/09/2024).

Berlangsung di Aula Grand Trisula Hotel, Indramayu. Kegiatan Bimtek tersebut dibuka oleh Bupati Indramayu Nina Agustina melalui Plt. Kepala Diskominfo Indramayu, Erpin Marpinda.

Dalam sambutan yang dibacakan Kepala Diskominfo Indramayu tersebut mengatakan pada kesempatan ini, yang dimaksudkan bimtek pengelolaan website di tiap perangkat daerah ini informasinya harus berkualitas yang relevan, akurat dan tepat waktu.

“Harus bisa memberikan informasi di tempat dinasnya masing-masing, baik di SKPD maupun Kecamatan. Media sosialnya jalan dan tidak diam, bisa memberikan informasi yang baik pada masyarakat mengenai pembangunan yang ada di kabupaten Indramayu,” pungkasnya.

Kemudian dalam Bimtek tersebut, Diskominfo Indramayu menghadirkan Narasumber dari Pranata Humas Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Fauziah Ismi Desiana dengan memaparkan materi terkait website dan media sosial dan menjelaskan kendala yang mungkin ditemukan admin perangkat daerah dalam mengelola website dan media sosial.

“Dalam pembuatan konten di media sosial kita dapat menggunakan isu terkini sebagai penarik minat netizen untuk melihat konten yang kita buat. Lalu kaitkan dengan program-program yang telah Pemerintah Daerah lakukan,” ujarnya.

Dalam pemaparannya juga, Fauziah Ismi menyampaikan tips dan cara mudah dalam pembuatan berita atau rilis kegiatan pimpinan yang kerapkali sulit dilakukan oleh para admin perangkat daerah.

“Rilis harus dibuat secara singkat dan menarik pembaca. Jika kesulitan memulai, dapat copy paste dari narasi berita Diskominfo dan sesuaikan dengan keadaan di Dinas dan Kecamatan masing-masing, yang penting itu memuat 5W+1H di bagian kepala beritanya,” tambahnya.

Selanjutnya, pengelola media sosial Diskominfo Indramayu, Deni Sanjaya juga menyampaikan perihal pembuatan konten media sosial. Dalam pembuatan konten di media sosial yang menarik dan relevan, tetap mengacu pada isi berita yang telah di publikasi melalui website Dinas sampai Kecamatan.

Deni berharap kepada para peserta yang mengikuti Bimtek ini dapat mengunggah seluruh kegiatan yang ada di Dinas atau Kecamatan masing-masing dengan segera setelah kegiatan berakhir.

Diketahui, peserta yang hadir merupakan pengelola website dan media sosial dari perangkat daerah, kecamatan dan RSUD serta hadir Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Diskominfo Indramayu, Anri Heriyanto. (Diskominfo Indramayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares