Jaga Ketahanan Pangan dan Kendalikan Inflasi, PKK Indramayu Gelar Gerakan Tanam Cabai

Upaya menjaga ketahanan pangan dan mengendalikan inflasi di Kabupaten Indramayu, Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Indramayu menggelar Gerakan Tanam Cabai (Gertam Cabai) PKK Serentak.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Desa Cantigi Kulon, Kecamatan Cantigi, Senin (4/3/2024) yang merupakan rangkaian Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK) ke 52 tahun 2024.

Saat ini pemerintah terus memperhatikan ketersediaan stok pangan, jika stok kurang dibandingkan kebutuhan maka dapat memunculkan ketidakstabilan.

Aspek konsumsi yang meningkat tidak diimbangi dengan produksi akan menyebabnya inflansi. Maka dari itu, komoditas akan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga, salah satu contohnya yaitu cabai.

Bupati Indramayu Nina Agusatina melalui Plt. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, Asep Abdul Mukti mengatakan, kegiatan Gertam Cabai tersebut sejalan dengan program Bupati Nina Agustina yaitu Program Pusat Pangan (PUSPA).

Tujuan Gerakan Tanam ini adalah membantu pemerintah menekan laju inflansi akibat tingginya harga jual cabai, apalagi mendekati bulan ramdahan dan lebaran.

“Gerakan tersebut dilaksanakan serentak se-Indonesia, Asep berharap masyarakat menerapkannya di rumah masing-masing. Tidak hanya cabai, tanaman lainnya pun bisa, dan ibu-ibu PKK akan bisa terus melaksanakan kegiatan tersebut,” kata Asep.

Sementara Camat Cantigi M. Zaenal Muttaqin mengatakan dengan adanya kesadaran masyarakat untuk menanam, maka kebutuhan pokok setiap keluarga bisa lebih terpenuhi.

“Ayo tingkatkan kesadaran kita semua untuk memaksimalkan ruang yang ada di pekarangan rumah untuk menanam apa pun, sehingga kebutuhan pokok bisa kita penuhi sendiri. Silakan menanam tomat, cabai, TOGA (tanaman obat keluarga), manfaatkan pekarangan di rumah kita,” katanya.

Ketua Tim Penggerak PKK Indramayu, Runisah mengatakan peran tim penggerak PKK sangatlah diperlukan untuk Gerakan Tanam tersebut.

“Jika setiap keluarga menanam, tentu kita tidak akan kesulitan ketika harga pangan melonjak. Diperlukan peran tim penggerak PKK, mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan, dan juga Desa untuk melakukan Gertam ini,” ujarnya.

Upaya meningkatkan produksi dengan membudidaya cabai dengan baik dan memanfaatkan lahan yang ada, kegiatan tersebut diharapkan sebagai momentum awal untuk mengajak masyarakat giat dan semangat membudidayakan tanaman cabai. Diharapkan bisa berkelanjutan untum menjaga dan melestarikannya.

Selain itu Kuwu Cantigi, Chaerotunnisa dalam sambutannya mengatakan harapannya pada Tahun 2025 Gertam bisa diadakan menyeluruh di Kabupaten Indramayu.

“Kami sangat mendukung dan bersyukur ada Gertam di Desa Cantigi Kulon, mudah-mudahan untuk tahun depan bisa beralih di desa lain baik di Kecamatan Cantigi sampai di seluruh Kabupaten Indramayu,” ungkapnya (Diskominfo Indramayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares