Garakan Lansia Indramayu Sehat, Bupati Nina : Jelang Ramadan, Lansia Harus Sehat dan Bugar

Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu mengadakan kegiatan GELIS (Gerakan Lansia Indramayu Sehat) dengan tema Lansia Smart (Sehat, Mandiri, Aktif, dan Produktif) menuju Ramadan sehat untuk Indramayu Bermartabat bertempat di Gedung Landraad, Alun-Alun Puspawangi, Jumat (8/3/2024).

Bupati Indramayu Nina Agustina menghadiri langsung kegiatan tersebut dalam sambutannya mengatakan menjelang bulan Ramadan, Pemerintah Kabupaten Indramayu mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis khususnya untuk para lansia.

“Karena menjelang bulan puasa, kita ingin puasanya berkah. Kalau mau berkah harus sehat, makannya kita kumpulkan ibu bapak semua untuk periksa kesehatan gratis. Agar pada saat menjalankan ibadah puasa, diberikan kesehatan dan keberkahan,” ucapnya.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Indramayu mencoba mencanangkan program BPJS gratis yang biayanya akan ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu. Sehingga masyarakat bisa periksa kesehatan secara leluasa tanpa memikirkan biaya yang mahal.

“Ibu bapak harus bangga jadi wong Dermayu, terima kasih atas kehadirannya, Insya Allah bulan Ramadan diberikan kesehatan dan keberkahan. Saya pribadi dan Pemerintah Kabupaten Indramayu mengucapkan mohon maaf lahir batin. Selamat menjalankan ibadah puasa,” ujar Nina.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, Wawan Ridwan mengatakan begitu sayang dan perhatiannya, Bupati Nina Agustina memberi ide dan gagasan untuk mengumpulkan lansia dalam Gerakan Lansia Sehat tersebut.

“Perlu kami infokan bahwa ide dan gagasan untuk mengumpulkan ibu bapak semua, murni dari Bupati. Saking sayang dan perhatiannya, Bupati memastikan kepada saya untuk memeriksa kesehatan ibu bapak supaya menjalankan ibadah Ramadan nya khusyuk dan optimal,” kata Wawan.

Wawan menambahkan, terdapat 200 lansia dari seluruh Kabupaten Indramayu dan setiap puskesmas mewakilkan 4-5 lansia yang menjadi perwakilan dari seluruh pelosok Indramayu.

Diketahui, kesehatan adalah hal mutlak yang diperlukan untuk kita semua. Perhatian dan kasih sayang Bupati Nina terutama untuk kesehatan dan pembiayaan manakala kita sakit dengan cara memberikan BPJS kesehatan. Bupati juga menyediakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) untuk masyarakat yang belum mempunyai BPJS.

Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu memastikan sudah memenuhi 94% Universal Health Coverage (UHC) dan tidak sedikit anggaran yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Indramayu untuk menjamin kesehatan masyarakat Indramayu.

Kemudian dalam kesempatan ini, Wawan menyampaikan saat ini pembangunan kesehatan fisik dan mental terutama untuk lansia sangatlah diperhatikan. Demikian perhatian Bupati agar masyarakat sehat semua. Oleh karena itu, Wawan mengharapkan dukungan untuk segala kebijakan Pemerintah Kabupaten Indramayu.

“Terakhir, kami selaku Panitia mengucapkan, terima kasih kepada Bupati Nina atas ide dan gagasannya, juga seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan hari ini,” ujar Wawan.
(Diskominfo Indramayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares