Optimalkan Pemanfaatan Website dan Medsos, Diskominfo Indramayu Adakan Bimtek

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Admin Pengelola Website dan Media Sosial Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Indramayu, Rabu (06/12/2023), di Aula Badan Keuangan Daerah Indramayu.

Kegiatan Bimtek tersebut dibuka oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu, Aep Surahman yang diwakili Sekretaris Diskominfo Indramayu, A. Sudalim Gymnastiar.

Dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Diskominfo Indramayu tersebut mengatakan, peran dan fungsi Pemerintah Daerah dalam kerangka mensosialisasikan kebijakan informasi yang cepat sangatlah mutlak diperlukan.

“Salah satu langkah dalam mensukseskan penyebaran informasi kepada masyarakat adalah dengan mengoptimalkan pemanfaatan website dan media sosial di perangkat daerah,” katanya.

Kemudian dalam Bimtek tersebut, Diskominfo Indramayu mengundang narasumber dari Pranata Humas Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Fauziah Ismi Desiana dengan memaparkan materi terkait website dan media sosial.

Fauziah Ismi menjelaskan keterkaitan website dan media sosial dalam media publikasi sangatlah penting. Mengingat media sosial menjadi platform yang memiliki pengikut aktif.

“Sekarang ini jika dibandingkan dengan website, media sosial memang lebih banyak digemari menjadi media informasi,” ujarnya.

Tetapi, dalam pembuatan konten di media sosial yang menarik dan relevan, tetap mengacu pada isi berita yang telah di publikasi melalui website.

“Dalam pembuatan konten di media sosial Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar), materi yang kami berikan juga tetap mengacu dari website, ibaratnya kakek atau neneknya dari konten adalah website,” tambahnya.

Dalam pemaparannya juga Fauziah Ismi mengenalkan portal informasi yang dimiliki Pemprov Jabar, yakni Portal Jabarprov.go.id (Portal Informasi Layanan Publik Satu Pintu Jawa Barat) yang memiliki berbagai fitur.

Selanjutnya, pengelola website Diskominfo Indramayu, Bambang Purnomo juga menyampaikan modul pelatihan website dasar dalam memposting berita pada website perangkat daerah.

Dirinya berharap kepada para peserta yang mengikuti Bimtek ini dapat memiliki pengetahuan yang lebih dalam pengelolaan website dan media sosial.

“Setelah mengikuti kegiatan ini, saya berharap kepada petugas atau pengelola website dan media sosial perangkat daerah mempunyai pengetahuan yang lebih dalam mengelola platform media di masing-masing unit kerjanya,” harapnya.

Diketahui, peserta yang hadir merupakan pengelola website dan media sosial dari perangkat daerah, kecamatan dan RSUD serta hadir Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Diskominfo Indramayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares