Evaluasi Pasca Pelatihan Kepemimpinan Adminstrator (Pka) Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu Tahun 2022

Evaluasi Pasca Pelatihan Kepemimpinan Adminstrator (Pka) Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu Tahun 2022

 

BKPSDM Kabupaten Indramayu Melalui Pengembangan Kompetensi Aparatur (Pka) Melaksanakan Kegaiatan Evaluasi Pasca Pelatihan Kepemimpinan Adminstrator (Pka) Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu Tahun 2022

Kegiatan dilaksanakan selama2 (dua) hari pada tanggal 2 s.d 3 Agustus 2022 dengan Konsep Focus Group Discussion (FGD),bertempat di aula BKPSDM Kabupaten Indramayu yang diikuti sebanyak 30 (tiga puluh ) orang.

Plt. Kepala BKPSDM Kabupaten Indramayu melalui Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur Rohaenah. ST.M.SI, menyampaikan bahwa Kegiatan Ini Bertujuan Mengukur Dan Menilai Capaian Hasil Dan Dampak Diklat, Di Mana Hasil Evaluasi Tersebut Akan Menjadi Umpan Balik Untuk Merencanakan Penyelenggaraan Diklat Dan Meningkatkan Kualitas Diklat Di Masa Mendatang;

“Seorang Pemimpin Harus Memiliki Kompetensi Kepemimpinan Kinerja Sebagai Kompetensi Manajerial Untuk Menjamin Terlaksananya Akuntabilitas Jabatan Administrator Yang Memiliki Kemampuan Dalam Memimpin Pelaksanaan Kegiatan Yang Dilakukan Oleh Pejabat Pengawas Dan Pelaksana Dalam Memberikan Pelayanan Publik Sesuai Sop Dan Terselenggaranya Peningkatan Kinerja Secara Berkesinambungan.

Seorang pejabat administrator juga harus memiliki kemampuan dan kesadaran kepemimpinan pancasila dan nasionalisme, karena tanpa adanya kepemimpinan pancasila dan nasionalisme, maka mustahil pemimpin tersebut akan memiliki akuntabilitas jabatan administrator.

Dalam rangka terlaksananya reformasi birokrasi dan efektivitas pelayanan publik diperlukan adanya suatu strategi yang mampu membentuk asn unggul, berdaya saing, dan mampu menjadi pemimpin perubahan.

Daya saing saat ini menjadi salah satu parameter dalam konsep kota berkelanjutan. Tingkat daya saing suatu daerah juga menjadi salah satu ukuran kesejahteraan. Pemerintah dalam beberapa regulasi juga menekankan pentingnya kepala daerah melakukan inovasi untuk mendorong efektivitas pelayanan publik, menciptakan nilai tambah, serta tetap terbuka pada persaingan domestik dan internasional.

Karena melalui indeks inovasi akan dipetakan daerah-daerah mana saja yang inovatif. Kemudian daerah inovatif tersebut akan diberikan penghargaan nantinya melalui innovative government award (iga), indeks inovasi daerah nantinya juga bisa dimanfaatkan tidak hanya untuk menilai penghargaan iga, tetapi bisa menjadi basis data yang untuk pemerintah, kementerian/lembaga lainnya. Dan semoga juga pada masa yang akan datang akan ada ukuran kemandirian daerah.

Evaluasi pasca pelatihan kepemimpinan administrator ini diharapkan bisa melahirkan bibit-bibit inovasi baru yang bisa menjadi inovasi daerah yang mana akan dijelaskan bagaimana suatu inovasi bisa menjadi inovasi daerah”. Katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares